dmuae.com memberikan pengetahuan tentang properti, keuangan, rumah apartement dan masi banyak pengetahuan proprti lainnya.

5 Tanda Si Kecil Cukup ASI yang Perlu Ibu Tahu

Air Susu Ibu atau biasa disebut dengan ASI adalah asupan makanan utama bagi bayi. Namun, terkadang Anda kebingungan apakah kebutuhan ASI buah hati sudah cukup atau belum. Oleh karena itu Anda perlu tahu tanda bayi cukup ASI agar tidak cemas lagi.

5 Tanda Si Kecil Cukup ASI yang Perlu Ibu Tahu

Tanda kebutuhan ASI sudah terpenuhi

Jumlah asupan ASI yang telah diminum bayi tentu saja tidak bisa diperkirakan. Tak sedikit ibu muda yang penasaran apakah bayinya cukup ASI atau belum. Untuk itu, Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini agar mengetahui tanda-tanda apakah si kecil sudah cukup ASI.

 

1.                 Bayi Tidak Rewel

Tanda pertama dari kecukupan ASI seorang bayi bisa dilihat dari moodnya. Bayi yang cukup ASI akan terlihat tenang karena merasa kenyang. Bayi tidak akan rewel karena perutnya terisi asupan makanan yang cukup. Bayi yang cukup ASI juga lebih cepat tertidur pulas.

 

2.                 Bobot Bayi Bertambah

Sebagai asupan makanan utama, ASI menyandang peran penting untuk pertambahan berat badan bayi. Bayi yang diberi asupan ASI yang cukup, berat badannya meningkat. Untuk melihat tanda-tanda bayi cukup ASI, Anda bisa memperhatikan berat badannya.

 

3.                 Payudara Lebih Lembut

Cara mengetahui tanda bayi cukup ASI selanjutnya yakni dengan memperhatikan payudara Anda. Payudara yang telah memberi asupan ASI cukup pada bayi akan terasa melunak. Karena ASI di dalam payudara sudah dihabiskan oleh bayi. Dalam hal ini payudara tidak lagi mengeras.

 

4.                 Bayi Terlihat Lebih Aktif

Untuk mengetahui tanda kecukupan ASI pada bayi, Anda bisa menyusuinya sebelum tidur. Jika bayi minum ASI dengan jumlah yang cukup, maka bisa dilihat dari sikapnya saat bangun tidur. Bayi yang asupan ASI-nya cukup akan terlihat lebih aktif saat bangun tidur. Tak hanya itu, bayi juga akan terlihat sangat ceria jika sebelum tidur mendapat asupan ASI yang cukup.

 

5.                 Bayi Pipis Lebih Teratur

Normalnya, bayi buang air kecil secara teratur pada umur 5 hari. Setelah usia 5 hari, intensitas buang air kecil bayi akan meningkat. Bayi akan pipis minimal 6 kali dan paling banyak 8 kali sehari. Sehingga, hal ini bisa menjadi patokan cukup tidaknya ASI yang diminum bayi. Bayi yang intensitas pipisnya teratur dan sesuai patokan tersebut, maka sudah bisa dipastikan asupan ASI-nya cukup.

 

Sebagai ibu muda, tentu saja Anda masih awam perihal parenting sehingga bisa dimaklumi kalau Anda masih bertanya-tanya perihal tanda bayi cukup ASI. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ulasan di atas bisa Anda jadikan referensi untuk mengetahui cukup tidaknya ASI yang diminum oleh si kecil.

Back To Top